Miss Universe Indonesia 2023: Harta, Tahta, Kekuasaan.



Ajang kontes kecantikan Miss Universe Indonesia 2023 diwarnai sejumlah skandal. Berawal dari persoalan kepemilikan izin yang tak lagi dipegang oleh Yayasan Puteri Indonesia (YPI), yang melahirkan beberapa wajah baru penyelenggara. Dugaan suap pun beredar luas di media sosial saat Fabienne Nicole dinobatkan sebagai juara Miss Universe Indonesia 2023 di ajang tersebut.

Kontes baru saja dimulai, muncul masalah yang jauh lebih serius, dugaan pelecehan seksual yang dialami beberapa peserta pageant. Beberapa CEO MUI Elden Wang dan fotografer Visual Director MUI Riomotret juga mengundurkan diri dari kontes kecantikan ini.



Pergantian Pemegang Lisensi

Pergantian Pemegang Lisensi menggemparkan pada penggemar kontes kecantikan dikejutkan dengan kabar pergantian lisensi Miss Universe Indonesia yang tak lagi dipegang oleh Yayasan Puteri Indonesia (YPI). Akibatnya, Puteri Indonesia yang terpilih tidak akan lagi berlaga di kancah internasional melalui ajang Miss Universe. 

Antara lain, batas waktu pengajuan proposal sangat ketat dan harga naik 10 kali lipat dibandingkan sebelumnya.“YPI hanya mendapat waktu tiga hari kerja, sementara Direksi Nasional di negara lain mendapat tenggang waktu 5-10 hari,” kata Mega.

Sementara itu, muncul akun Instagram Miss Universe Indonesia yang mengumumkan bahwa lisensi tersebut kini dimiliki oleh penyanyi Poppy Capella. Ia juga berkolaborasi dengan beberapa nama ternama seperti MUA Slam Wiyono dan Riomotret yang menyuguhkan kontes kecantikan yang disebut lebih inklusif.


Dugaan suap

Meski sempat heboh, ajang Miss Universe Indonesia akhirnya digelar dengan 30 peserta dengan malam final pada 3 Agustus di Bali. Wakil DKI Jakarta Fabienne Nicole dinobatkan sebagai pemenang, sehingga berhak mewakili Indonesia di ajang internasional Miss Universe di El Salvador pada 18 November mendatang. Hasil ini rupanya menuai kecaman dari beberapa pecinta kontes yang merasa tinggi badan Fabienne tidak ideal sehingga tidak pantas menang. Belakangan, kritik tersebut berubah menjadi tuduhan sebesar Rp. Suap 5 miliar yang dilakukan oleh orang tua 23 tahun untuk memenangkan kontes kecantikan.

Sejauh ini, tidak ada lagi bukti suap selain rumor di media sosial. Lewat Instagram story-nya, Fabienne tampaknya berusaha menghindari tudingan tersebut dengan mengirimkan banyak dukungan positif dari orang-orang di sekitarnya.


Keluhan pelecehan seksual

Skandal Miss Universe 2023 semakin panas dengan laporan pelecehan seksual di Polda Metro Jaya. Korban yang hadir dalam acara PKN itu mengaku diwajibkan menjalani pemeriksaan badan telanjang oleh KPK yang juga tercatat. Faktanya, sesi tersebut tidak pernah ada dalam ringkasan acara yang ditampilkan sebelumnya.

Peristiwa itu terjadi sesaat sebelum grand final Miss Universe Indonesia, tepatnya pada 1 Agustus 2023. Ada beberapa peserta yang dianggap sebagai korban serupa, meski tindakannya berbeda.

"Saat saya diberitahu mereka dipaksa membuka resleting BH. Kontestan menutup dada karena ada juga sekitar dua atau tiga laki-laki," ujar Direktur Utama Miss Universe Indonesia Jawa Barat Rizky Ananda Musa saat mendampingi murid-muridnya di Barak Metro Jaya. .dari polisi kemarin. "Tapi (mereka) dipaksa buka. Jadi bertelanjang dada," lanjut Rizky.



Eksekutif mengundurkan diri

Lewat akun Instagram, beberapa petinggi penyelenggara Miss Universe Indonesia 2023 mengumumkan pengunduran diri. Nama-nama tersebut antara lain Eldwen Wang dan fotografer Riomotret, yang sebelumnya menjabat sebagai CEO dan direktur visual Miss Universe Indonesia.

Dalam unggahannya, keduanya mengaku ingin lebih fokus pada proyek pribadinya agar tidak lagi terlibat dengan PT Capella Swastika Karya selaku pemegang lisensi Miss Universe Indonesia. Belakangan, Riomotret terlihat mendampingi kontestan Miss Universe Indonesia 2023 yang mengaku dilecehkan.




Baca juga : Trend Barbie

Popular posts from this blog

3 Alasan Kenapa "Work from Home" digemari: Polusi auto mundur!

Cerita Horor : Kisah Nyata Mahasiswa di Kampus Legenda